peringatan hari perawat se indonesia

Adapun tema Hari Keperawatan se-Indonesia (Indonesian Nurses Day) adalah Undang-undang Keperawatan Menjamin Pelayanan Keperawatan yang diberikan kepada Masyarakat sebagai Pelayanan yang Professional dan Berkualitas.

Tujuan utama dari terselenggaranya peringatan ini, yaitu memantapkan tanggung jawab dan kemitraan perawat dan masyarakat dalam usaha pemberian pelayanan yuang berkualitas dan Profesional sehingga pembangunan kesehatan menerapkan paradigma Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan menekankan pada peningkatan pemberdayaan masyarakat yang bersifat pro-aktif dan pro-rakyat

Peringatan Hari Keperawatan ini sekaligus merupakan wahana silaturahim, introspeksi, dan tukar menukar informasi tentang kebijakan, Peran, terobosan-terobosan inovatif para perawat, akademisi, praktisi dan pemerhati keperawatan, dan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi peningkatan SDM Perawat di masing-masing daerah, wilayah kerja, atau pemukiman masyarakat.

Hari Keperawatan se-Indonesia diikuti oleh seluruh perawat yang terdiri dari Dinas Kesehatan seluruh Indonesia, Intitusi pelayanan kesehatan seluruh Indonesia, anggota Himpunan/Ikatan, Akademisi, Perguruan Tinggi Keperawatan Negeri/Swasta, Mahasiswa/I Keperawatan, Ormas, LSM, dan wakil-wakil Lintas Profesi dan Lintas Sektor.

Pembukaan Peringatan Hari Keperawatan se-Indonesia ini diawali dengan acara pemeriksaan atau deteksi dini kesehatan di kantor sekretariat PP PPNI jalan Jaya Mandala No.15 Patra Kuningan. Kegiatan diantaranya pemeriksaan BB Lemak, Perekaman Jantung (EKG), Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan gula darah dan cholesterol, Pemeriksaan Asma dengan Spirometri. Kesemuanya dilakukan dengan cuma-cuma (gratis)

Dalam kesempatan Peringatan. organisasi profesi PPNI juga menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan Pendidikan Kesehatan kepada masyarakat dan Kegiatan Deteksi dini gangguan kesehatan pada masyarakat secara nasional dengan pola simultan di seluruh daerah se-Indonesia.

Kegiatan pendukung Peringatan Hari Keperawatan se-Indonesia meliputi kegiatan inovatif dalam pembudayaan hidup sehat, senam pagi, bazaar, media center, dan pojok info bagi kelompok profesi yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik wilayah daerah masing-masing.

Peringatan Hari Keperawatan se-Indonesia ditutup dengan acara pemotongan tumpeng dan pemaparan perjalanan keperawatan di Indonesia pada tanggal 17 Maret 2011 di lapangan kantor secretariat PP-PPNI. Penyampaian tentang perjalanan keperawatan di Indonesia ini mendorong kebulatan tekad memantapkan komitmen dan dukungan multi sektor dalam mewujudkan UU Keperawatan untuk Indonesia Sehat Berbasis Pelayanan Kesehatan yang berkeadilan dan Profesional .

Peringatan dan Kegiatan Hari Keperawatan se-Indonesia dirumuskan oleh Panitia Pengarah melalui proses rapat harian agar sesuai dengan tema dan tujuan yang diharapkan. Laporan hasil akan disusun oleh Panitia dalam Prosiding, agar dapat dioptimalkan sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah dalam Program Promosi Kesehatan di Indonesia kedepan.

Jakarta, Februari 2011

ttd

Panitia Peringatan Hari Keperawatan se-Indonesia
PPNI

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © the Life is Color